Jumat, 02 September 2011

Cara Membuat Mail Merge Word 2003 dengan Excel 2003

Untuk membuat mail merge dengan excel, berikut adalah caranya :
  1. Buat file data_nama.xls dan isilah data seperti gambar dibawah ini :
  2. Buatlah file kartu_nama.doc dan isilah data seperti gambar dibawah ini :
  3. Masih dilembar kerja word, pilih menu Tool + Letters and Mailings + Mail Merge.
  4. Pilih letter + Next : Starting document.
  5. Pilih Use the current document + Next : select recipients.
  6. Pilih Use an existing list + browse. Pilih file excel yang tadi sudah dibuat yaitu data_nama.xls, setelah diklik open maka akan tampil kotak window Select Table, Pilih Sheet yang pertama terus klik OK, pada kotak window berikutnya klik OK.
  7. Klik link Next : Write your letter.
  8. Setelah itu kita tinggal meletakkan data nama sesuai tempat yang kita tentukan, taruh kursor di depan tulisan (Nama : Taruh disini kursornya ), Kemudian pilih link More items maka akan tampil kotak window Insert Merge Field, pilih field sesuai yang anda inginkan misalnya pilih field Nama kemudian klik Insert dan Close. Data Field Nama otomatis akan menempel didepan (Nama : disini).
  9. Kemudian klik link Next : Preview your letters.
  10. Klik link Next : Complete the merge.
  11. Apabila ingin langsung menge-print ke printer klik link Print... + All + OK.
  12. Apabila ingin meng-edit data pilih link Edit individual letters... + All + OK.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India