Selasa, 06 September 2011

CARA KERJA EXCEL

Cara Kerja Excel
  1. Sel
    Excel menggunakan satuan penyimpan data yang disebut Cell/sel. Setiap sel mampu menampung angka, label, atau rumus. Seperti terlihat pada gambar berikut.
    Operasi dalam Excel dilakukan dalam sel tersebut. Sel tersebut memiliki alamat sesuai dengan Baris dan Kolom. Kolom diwakili oleh huruf A s/d Z,kemudian berlanjut AA,AB dan diakhiri dengan IV. Sedangkan baris diwakili oleh Angka 1 s/d 65.536.
  2. Perpindahan antar Sel
    Untuk berpindah dari satu sel ke sel lain dapat digunakan tombol panah (←↑→↓) pada keyboard. Apabila sel yang diinginkan tidak tampak di layar maka gunakan scroll bar yang ada di bagian bawah dan samping kanan layar.
  3. Range
    Operasi dalam excel mengenal istilah range. Range adalah kumpulan dari beberapa sel. Ini dapat berupa gabungan antara 2 sel s/d ribuan sel. Misalnya range antara A4 hingga D15 maka disebut Range A4:D15.
  4. Worksheet
    Di sebelah kiri bawah program excel yang aktif akan tampak sheet 1, sheet 2 dan sheet 3. Ini menunjukkan lembar kerja (worksheet) yang disediakan oleh program excel. Dalam satu file excel bisa terdiri dari beberapa worksheet sesuai kebutuhan.
    • Untuk menambah worksheet gunakan langkah berikut ini
      Klik Kanan + Insert + Worksheet + Ok
    • Untuk menghapus worksheet gunakan langkah berikut ini
      Klik Kanan + Delete + Tekan Enter
    • Untuk mengubah nama worksheet gunakan langkah berikut ini
      Klik Kanan + Rename + Ubah nama worksheet
    • Untuk mengatur urutan worksheet gunakan langkah berikut ini
      Klik Kanan + Move or Copy + Pilih akan dipindah ke mana
  5. Jenis Data dalam Excel
    Ada beberapa jenis data dalam excel, yaitu:
    Data Angka
    Adalah nilai dimana Excel bisa melakukan perhitungan berisi digit 0 s/d 9. Apabila dimasukkan ke dalam sel akan secara otomatis terletak di sebelah kanan sel.
    Data angka dapat diformat sesuai dengan fungsinya, seperti mata uang, tanggal, jam, dsb. Untuk melakukannya gunakan langkah‐langkah berikut ini: Pilih Sel yang akan diubah + Format + Cells + Maka akan Muncul Gambar Format Cells
    Di sisi kiri pilih salah satu Nomor (Number), Mata Uang (Currency), Tanggal (Date) Ataupun Waktu (Time). Kemudian di sisi kanan pilih model formatnya,termasuk untuk meletakkan berapa angka di belakang koma. Hasil dari format sel ini adalah sebagai berikut:
    Data Rumus/Formula
    Data yang saat menuliskan dalam sel diawali dengan tanda sama dengan (=). Misalnya ingin menghitung hasil dari 6 dikali 8 maka rumus yang dituliskan di sel adalah =6*8. Selain menuliskan langsung angka yang ingin dihitung, rumus dalam excel juga mampu melakukan perhitungan dengan memasukkan alamat sel, misalnya alamat sel A1 dikali dengan sel B1 maka dituliskan =A1*B1. Pada saat dituliskan data akan berada di sebelah kiri sel, tetapi setelah ditekan tombol enter maka data akan berubah menjadi hasil perhitungan dan terletak di sebelah kanan sel.
    Data Teks
    Data apapun yang bukan angka dan tidak diawali dengan tanda (=) akan dianggap sebagai teks. Termasuk di dalamnya huruf, tanda baca, simbol, dll. Apabila dimasukkan ke dalam sel akan secara otomatis terletak di sebelah kiri
    sel.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India