Rabu, 02 November 2011

Apa itu Hardware

Hardware adalah Suatu komponen yang dirangkai sedemikian rupa sehingga mencapai tujuan yang diinginkan, Hardware dapat beroperasi bila diberi arus listrik. Susunan hardware bisa di sebut sebagai rangkain elektronik yang disusun sedemikian rupa hanya mengenali tegangan listrik baik positif maupun negatif yang secara digital dikenal sebagai 1 dan 0, Hardware hanya mengenali bilangan 1 dan 0. Untuk berinteraksi dengan hardware hanya dengan memanfaatkan angka 1 dan 0. Bahasa pemrograman yang mengenali angka 1 dan 0 disebut bahasa mesin. Hardware di dalam sebuah perangkat komputer sendiri bisa di bagi dalam beberapa bagian yaitu menurut kebutuhan dan menurut fungsi.
  1. Menurut Kebutuhannya.
    • Hardware Utama.
      Hardware ini di gunakan tergantung sesuai pemakaianya dan masih terbagi menjadi 2 bagian. Contoh : Motherboard, RAM, Power Supply, Hardisk, Processor, VGA Card, Keyboard, Monitor.
    • Hardware Tambahan.
      Komputer masih bisa berjalan tanpa kehadiran Hardware tambahan akan tetapi dengan kehadiran hardware tambahan akan menambah Daya guna atai kemampuan computer dan semakin bermanfaat bagi pengguna. Contoh: Mouse, LAN Card, Bluetooth Card, WebCam, Wi fi card, Modem USB, Flashdisk
  2. Menurut Fungsinya.
    Selain dari kebutuhan pemakainya fungsi hardware sendiri hardware dapat di bagi kedalam segi fungsinya yaitu : Perangkat Input, Perangkat Pemroses, Perangkat Keluar.
    • Perangkat Input.
      perangkat input merupakan perangkat yang digunakan untuk memasukkan gambar, tulisan, suara, video ke dalam komputer yang selanjutnya diproses dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan jenis inputannya perangkat input dapat dibagi kedalam: - perangkat input tekan, contoh : keyboard. - perangkat input geser, contoh : mouse.
      - perangkat input suara, contoh : microphone.
      - perangkat input video, contoh : camera.
    • Perangkat Pemroses.
      perangkat pemroses merupakan perangkat yang digunakan untuk memproses hasil inputan perangkat input. Berdasarkan fungsinya perangkat pemroses dapat dibagi kedalam: - Unit Pemrosesan utama (CPU).
      - Unit pemrosesan logika dan aritmatika.
      - Unit Pemrosesan sementara (RAM).
    • Perangkat Keluar.
      Perangkat keluaran menampilkan hasil yang diberikan perangkat pemroses. Perangkat keluaran dapat dikelompokkan kedalam 2 bagian utama:
      - perangkat keluaran fisik, contoh : printer.
      - perangkat keluaran non fisik, contoh : monitor.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India