Jumat, 28 Januari 2011

JS Berorientasi Objek


***   JavaScript sebagai bahasa berorientasi objek
JavaScript tergolong sebagai bahasa berorientasi objek. Pada bahasa pemrograman seperti ini, objek merupakan dasar utama. Sebuah objek tersusun atas properti, metode, dan penanganan kejadian. Ketiga istilah ini perlu diketahui terlebih dulu sebelum melangkah lebih jauh kedetail JavaScript
****.      Properti
Properti adalah atribut dari sebuah objek. Sebagai contoh, tinjaulah objek sebuah mobil. Salah satu properti dari objek mobil adalah warna mobil. Salah satu objek dari javascript adalah objek window. Objek window memiliki banyak properti. Salah satu diantaranya adalah defaultStatus.
ex : windows.defaultStatus
****.      Metode
Metode adalah suatu kumpulan kode yang digunakan untuk melakukan suatu tindakan terhadap objek. Sebagai contoh, write() pada objek document adalah metode yang digunakan untuk menuliskan tulisan kejendela browser.
ex : 
document.write("Hallo");
window.focus();
****.      Penanganan kejadian
Penanganan kejadian adalah sekumpulan kode yang akan dijalankan manakala pemakai melakukan suatu tindakan (biasa disebut dengan kejadian). Contoh kejadian adalah ketika pemakai mengklik tombol mouse atau ketika menutup jendela browser.
Contoh kejadian adalah onMouseOver dan onMouseOut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India