Rabu, 07 September 2011

MEMBUAT GRAFIK EXCEL 2007

Untuk membuat grafik gunakan langkah‐langkah berikut ini:
Buatlah file excel yang isinya seperti gambar dibawah ini
Block isi tabel yang sudah dibuat tadi, seperti gambar dibawah ini
Pilih menu Insert + Column


MENGENAL MICROSOFT EXCEL 2007

Bagian-bagian dari Microsoft Excel2003 dapat dilihat pada gambar berikut :
Gambar berikut adalah tampilan dari menu ribbon :

Selasa, 06 September 2011

Kumpulan Rumus Excel

Kumpulan Rumus Excel

MEMBUAT GRAFIK EXCEL 2003

Untuk membuat grafik gunakan langkah‐langkah berikut ini:
Buatlah file excel yang isinya seperti gambar dibawah ini
Block isi tabel yang sudah dibuat tadi, seperti gambar dibawah ini
Pilih Menu Insert + Klik Chart (atau cukup klik button chart di toolbar) + Isikan dalam Chart Wizard + Step 1: Pilih bentuk Chart + Step 2: Pilih area sel yang akan digunakan untuk chart + Step 3: Isikan keterangan table (judul, sumbu x dan sumbu y) + Step 4: Grafik akan diletakkan dimana + Finish.

CARA KERJA EXCEL

Cara Kerja Excel
  1. Sel
    Excel menggunakan satuan penyimpan data yang disebut Cell/sel. Setiap sel mampu menampung angka, label, atau rumus. Seperti terlihat pada gambar berikut.
    Operasi dalam Excel dilakukan dalam sel tersebut. Sel tersebut memiliki alamat sesuai dengan Baris dan Kolom. Kolom diwakili oleh huruf A s/d Z,kemudian berlanjut AA,AB dan diakhiri dengan IV. Sedangkan baris diwakili oleh Angka 1 s/d 65.536.
  2. Perpindahan antar Sel
    Untuk berpindah dari satu sel ke sel lain dapat digunakan tombol panah (←↑→↓) pada keyboard. Apabila sel yang diinginkan tidak tampak di layar maka gunakan scroll bar yang ada di bagian bawah dan samping kanan layar.
  3. Range
    Operasi dalam excel mengenal istilah range. Range adalah kumpulan dari beberapa sel. Ini dapat berupa gabungan antara 2 sel s/d ribuan sel. Misalnya range antara A4 hingga D15 maka disebut Range A4:D15.
  4. Worksheet
    Di sebelah kiri bawah program excel yang aktif akan tampak sheet 1, sheet 2 dan sheet 3. Ini menunjukkan lembar kerja (worksheet) yang disediakan oleh program excel. Dalam satu file excel bisa terdiri dari beberapa worksheet sesuai kebutuhan.
    • Untuk menambah worksheet gunakan langkah berikut ini
      Klik Kanan + Insert + Worksheet + Ok
    • Untuk menghapus worksheet gunakan langkah berikut ini
      Klik Kanan + Delete + Tekan Enter
    • Untuk mengubah nama worksheet gunakan langkah berikut ini
      Klik Kanan + Rename + Ubah nama worksheet
    • Untuk mengatur urutan worksheet gunakan langkah berikut ini
      Klik Kanan + Move or Copy + Pilih akan dipindah ke mana
  5. Jenis Data dalam Excel
    Ada beberapa jenis data dalam excel, yaitu:
    Data Angka
    Adalah nilai dimana Excel bisa melakukan perhitungan berisi digit 0 s/d 9. Apabila dimasukkan ke dalam sel akan secara otomatis terletak di sebelah kanan sel.
    Data angka dapat diformat sesuai dengan fungsinya, seperti mata uang, tanggal, jam, dsb. Untuk melakukannya gunakan langkah‐langkah berikut ini: Pilih Sel yang akan diubah + Format + Cells + Maka akan Muncul Gambar Format Cells
    Di sisi kiri pilih salah satu Nomor (Number), Mata Uang (Currency), Tanggal (Date) Ataupun Waktu (Time). Kemudian di sisi kanan pilih model formatnya,termasuk untuk meletakkan berapa angka di belakang koma. Hasil dari format sel ini adalah sebagai berikut:
    Data Rumus/Formula
    Data yang saat menuliskan dalam sel diawali dengan tanda sama dengan (=). Misalnya ingin menghitung hasil dari 6 dikali 8 maka rumus yang dituliskan di sel adalah =6*8. Selain menuliskan langsung angka yang ingin dihitung, rumus dalam excel juga mampu melakukan perhitungan dengan memasukkan alamat sel, misalnya alamat sel A1 dikali dengan sel B1 maka dituliskan =A1*B1. Pada saat dituliskan data akan berada di sebelah kiri sel, tetapi setelah ditekan tombol enter maka data akan berubah menjadi hasil perhitungan dan terletak di sebelah kanan sel.
    Data Teks
    Data apapun yang bukan angka dan tidak diawali dengan tanda (=) akan dianggap sebagai teks. Termasuk di dalamnya huruf, tanda baca, simbol, dll. Apabila dimasukkan ke dalam sel akan secara otomatis terletak di sebelah kiri
    sel.


MENGENAL MICROSOFT EXCEL 2003

Bagian-bagian dari Microsoft Excel2003 dapat dilihat pada gambar berikut :
Gambar berikut adalah tampilan dari menu bar :

Senin, 05 September 2011

Teknik Dasar Keyboard

Tombol-tombol keyboard sangat membantu karena lebih praktis dan cepat, jadi tidak perlu lagi susah-susah meng-klik menu yang notabenya membuang waktu dan membosankan. Dalam postingan ini saya akan melampirkan tombol-tombol keyboard beserta penjelasannya.
Harap diperhatikan, daftar tombol shorcut yang dijelaskan pada tulisan ini diambil dari dokumentasi Microsoft Word 2003, jadi kemungkinan akan menemukan beberapa tombol keyboard yang tidak berfungsi sebagaimana yang dijelaskan. Namun tidak perlu kecewa, karena kebanyakan tombol-tombol keyboard yang dijelaskan di postingan ini berlaku di semua versi Microsoft Word. Nah, semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.
Tombol - tombol Character Formating
Kombinasi Tombol
Keterangan
CTRL + SHIFT + F
Untuk merubah jenis huruf yang dipakai. Penekanan tombol ini dua kali akan memunculkan Character Dialog Box.
CTRL + SHIFT + P
Untuk merubah besar huruf yang dipakai, disini kita dapat memilih ukuran yang ada atau mengisikan uuran yang kita kehendaki.
CTRL + SHIFT + >
Untuk merubah jenis huruf yang dipakai, dimana setiap penekanan tombol ini, ukuran huruf yang dipakai akan berubah ke ukuran yang lebih besar berdasarkan daftar ukuran yang ada.
CTRL + SHIFT + <
Tombol ini berlawanan dengan tombol CTRL + SHIFT + >
CTRL + ]
Untuk merubah ukuran huruf menjadi lebih besar dengan kenaikan 1 point.
CTRL + [
Untuk merubah ukuran huruf menjadi lebih kecil dengan kenaikan 1 point.
SHIFT + F3
Untuk merubah jenis penulisan teks yang dipilih, yaitu dari huruf kecil ke huruf besar semua atau hanya huruf pertama saja yang besar.
CTRL + SPACEBAR
Untuk menghilangkan efek formatting character pada teks yang dipilih. Tombol ini hanya dapat dipakai untuk teks yang efeknya bukan dibentuk dengan Style.
CTRL + SHIFT + A
Untuk merubah teks yang dipilih menjadi huruf besar semua (all capital letters)
CTRL + B
Untuk merubah teks yang dipilih menjadi huruf tebal (bold).
CTRL + SHIFT + D
Untuk merubah teks yang dipilih sehingga bergaris bawah dua kali (double underline).
CTRL + SHIFT + H
Untuk menyembunyikan teks yang dipilih agar tidak muncul saat dicetak (hidden).
CTRL + I
Untuk merubah teks yang dipilih menjadi huruf miring (italic).
CTRL + SHIFT + K
Untuk merubah teks yang dipilih menjadi huruf besar semua (small capital letters) dan huruf yang berbentuk lebih kecil dari CTRL + A
CTRL + U
Untuk merubah teks yang dipilih sehingga bergaris bawah (underline)
CTRL + SHIFT + W
Untuk merubah teks yang dipilih sehingga masing – masing katanya bergaris bawah (word underline).
CTRL + =
Untuk menurunkan teks yang dipilih sebanyak 3 point dihitung dari batas sisi bawah tulisan (subscript).
CTRL + SHIFT + =
Untuk menaikkan teks yang dipilih sebanyak 3 point dihitung dari batas sisi bawah tulisan (supperscript).
CTRL + SHIFT + Z
Untuk menghilangkan format teks yang dipilih dari menu atau shortcut key.
CTRL + SHIFT + Q
Untuk membuat huruf symbol.

Tombol Untuk Menghapus Teks dan Grafik
Kombinasi Tombol
Keterangan
BACKSPACE
Untuk menghapus sebuah karakte di sebelah kiri kursor (insertion point). Atau teks yang dipilih.
CTRL + BACKSPACE
Untuk menghapus satu kata di sebelah kiri kursor.
DEL
Untuk menghapus satu karakter di sebelah kanan kursor (insertion point) atau teks yang dipilih.
CTRL + DEL
Untuk menghapus satu kata di sebelah kanan kursor (insertion point).
CTRL + X atau SHIFT + DEL
Untuk menghapus teks yang dipilih dan teks tersebut akan masuk ke Clipboard (lebih dikenal dengan isitlah Cut)
CTRL + Z
Untuk membatalkan perintah yang terakhir (undo)
CTRL + F3
Untuk menghapus teks atau grafik dan teks atau grafik tersebut akan disipan dalam Spike.

Tombol Untuk Menyisipkan Teks dan Grafik
Kombinasi Tombol
Keterangan
CTRL + C
Untuk meng-copy teks atau grafik ke dalam Clipboard
CTRL + SHIF + C
Untuk meng-copy format
F2
Untuk memindah teks atau grafik
CTRL + V atau SHIFT + INS
Untuk menyisipkan isi Clipboard ke dalam dokumen sesuai dengan posisi kursor (lebih dikenal denganistilah Paste)
CTRL + F9
Untuk menyisipkan sebuah field
CTRL + SHIFT + F3
Untuk menyisipkan isi Spike ke dalam dokumen sesuai dengan posisi kursor.
ALT + CTRL + V
Untuk menyisipkan teks secara otomatis
SHIFT + ENTER
Untuk memaksa pindah baris
CTRL + ENTER
Untuk memaksa pindah halaman
CTRL + SHIFT + ENTER
Untuk memaksa pindah kolom
CTRL + HYPHEN
Untuk memberikan tanda Hyphen (-) pada kalimat yang terputus
CTRL + SHIFT + HYPHEN
Untuk memberikan tanda Hyphen (-) pada rangkaian kata tetapi tidak memutusnya.
CTRL + SHIFT + SPACEBAR
Untuk tidak memutus kata yang dipisahkan dengan spasi
ALT + CTRL + C
Untuk menyisipkan symbol copyright
ALT + CTRL + R
Untuk menyisipkan symbol registers
ALT + CTRL + T
Untuk menyisipkan symbol trade mark
F3
Untuk menyisipkan isi Auto Text sesuai dengan nama Auto Text yang kita ketikkan

TOMBOL FUNGSI
TOMBOL F1
Kombinasi Tombol
Keterangan
F1
Untuk mendapatkan bantuan (help) tentang perintah yang dipilih atau daftar bantuan (help).
SHIFT + F1
Untuk mendapatkan bantuan (help) tentang bagian – bagian layar Microsoft Word for Windows, pada saat ini mouse pointer akan berubah menjadi tanda tanya.
ALT + F1
Menuju ke field selanjutnya
ALT + SHIFT + F1
Menuju ke field sebelumnya
ALT + CTRL + F1
Untuk menampilkan program Microsoft System Info


TOMBOL F2
Kombinasi Tombol
Keterangan
F2
Untuk memindahkan teks/grafik yang dipilih ke lokasi tertentu.
SHIFT + F2
Untuk meng-copy teks/grafik yang dipilih ke lokasi tertentu.
ALT + SHIFT + F2
Mengaktifkan perintah Save, untuk menyimpan dokumen.
CTRL + F2
Print Preview
ALT + CTRL + F2
Mengaktifkan perintah Open, untuk membuka dokumen.


TOMBOL F3
Kombinasi Tombol
Keterangan
F3
Menyisipkan isi Auto Text.
SHIFT + F3
Merubah format tulisan (case of letters).
CTRL + F3
Menghapus (cut) teks/grafig dan menyimpannya ke dalam Spike.
CTRL + SHIFT + F3
Menyisipkan isi Spike dan kemudian mengosongkan Spike.

TOMBOL F4
Kombinasi Tombol
Keterangan
F4
Untuk mengulang perintah sebelumnya
SHIFT + F4
Untuk mengulang perintah Find atau perintah Go TO
ALT + F4
Mengakhiri pemakaian Microsoft Word for Windows
CTRL + F4
Menutup dokument yang aktif


TOMBOL F5
Kombinasi Tombol
Keterangan
F5
Mengaktifkan perintah GO TO
SHIFT + F5
Menujuk ke lokasi kursor sebelumnya
ALT + F5
Mengembalikan window aplikasi ke besar semula.
CTRL + F5
Mengembalikan window dokumen ke besar semula.
CTRL + SHIFT + F5
Menyisipkan Boolmark sesuai dengan nama yang kita tuliskan.

TOMBOL F6
Kombinasi Tombol
Keterangan
F6 atau SHIFT + F6
Pindah antar window pane.
ALT + SHIFT + F6 atau CTRL + SHIFT + F6
Pindah ke dokumen selanjutnya
ALT + F6 atau CTRL + F6
Kembali ke window dokumen sebelumunya

TOMBOL F7
Kombinasi Tombol
Keterangan
F7
Melakukan spelling chexk untuk teks yang dipilih.
CTRL + F7
Untuk memindah window dokument
SHIFT + F7
Mengaktifkan perintah Tools Thesaurus..
CTRL + SHIFT + F7
Untuk memeperbaruhi (update) informasi yang terhubung (linked)

TOMBOL F8
Kombinasi Tombol
Keterangan
F8
Mengaktifkan modus EXT (extended selection).
SHIFT + F8
Untuk mengecilkan block yang terbentuk dalam modus EXT.
CTRL + F8
Untuk mengatur besarnya window dokument
CTRL + SHIFT + F8
Mengaktifkan modus select column

TOMBOL F9
Kombinasi Tombol
Keterangan
F9
Memperbaruhi (update) field
SHIFT + F9
Pindah antar kode dan hasil field
ALT + F9
Mengecilkan wondow aplikasi menjadi icon
CTRL + F9
Menyisipkan field kosong
CTRL + SHIFT + F9
Mengganti field dengan hasil perhitungan yang terakhir.

TOMBOL F10
Kombinasi Tombol
Keterangan
F10
Mengaktifkan menu bar
SHIFT + F10
Mengaktifkan shorcut menu
ALT + F10
Memaksimumkan besarnya window aplikasi
CTRL + F10
Memaksimumkan besarnya window dokumen
CTRL + SHIFT + F9
Mengganti field dengan hasil perhitungan yang terakhir

TOMBOL F11
Kombinasi Tombol
Keterangan
F11
Menuju ke field selanjutnya
SHIFT + F11
Menuju ke field sebelumnya
CTRL + F11
Mengunci (lock) field
CTRL + SHIFT + F11
Lawan dari CTRL + F11
ALT + F11
Menuju ke daerah annotasi

TOMBOL F2
Kombinasi Tombol
Keterangan
F12
Menyimpan dokument dengan nama lain (setara dengan perintah File Save As...)
SHIFT + F12
Menyimpan dokument dengan  nama sebelumnya (setara dengan perintah File Save)
CTRL + F12
Membuka dokument baru (setara denganperintah File)
CTRL + SHIFT + F12
Mencetak dokument (setara dengan perintah File Print...)

TOMBOL – TOMBOL UMUM
Pergerakkan Kursor
Kombinasi Tombol
Keterangan
END
Kursor bergerak ke akhir baris
HOME
Kursor bergerak ke awal baris
PAGE DOWN
Kursor bergerak ke bawah satu window ducument
PAGE UP
Kursor bergerak ke atas satu window document
CTRL + END
Kursor bergerak ke baris terakhir dari document
CTRL + HOME
Kursor bergerak ke baris pertama dari document
CTRL + PAGE DOWN
Kursor bergerak ke sudut kanan bawah dari window document
CTRL + PAGE UP
Kursor bergerak ke sudut kiri atas dari window document

Memilih Teks
Kombinasi Tombol
Keterangan
SHIFT + HOME
Memilih mulai dari posisi kursor sampai awal baris
SHIFT + END
Memilih mulai dari posisi kursor sampai akhir baris
CTRL + SHIFT + HOME
Memilih mulai dari posisi kursor sampai awal dokumen
CTRL + SHIFT + END
Memilih mulai dari posisi kursor sampai akhir dokumen
SHIFT + PAGE DOWN
Memilih mulai dari posisi kursor sampai satu window di bawahnya.
SHIFT + PAGE UP
Memilih mulai dari posisi kursor sampai satu window di atasnya.
CTRL + A
Memilih semua document
CTRL + SHIFT + F8
Memilih dalam modus kolom
CTRL + 1
Format paragraf satu spasi
CTRL + 5
Format paragraf satu setengah spasi
CTRL + 2
Format paragraf dua spasi
CTRL + O (oh)
Menambah satu baris kosong sebelum awal paragraf
CTRL + 0 (nol)
Menghapus spasi sebelum paragraf
CTRL + E
Format paragraf rata tengah (centered)
CTRL + J
Format paragra rata kanan-kiri (justified)
CTRL + L
Format paragraf rata kiri (legt-aligned)
CTRL + R
Format paragraf rata kanan (right-aligned)
CTRL + N
Format indentasi paragra satu batas tabulasi dari sisi kiri
CTRL + M
Lawan dari tombol CTRL + N
CTRL + T
Membuat indentasi gantung dengan jarak satu batas tabulasi
CTRL + G
Lawan dari tombol CTRL + T
CTRL + Q
Menghilangkan format paragraf
Tombol ini hanya berfungsi untuk paragraf yang formatnya tidak disusun oleh style

Memindah kursor ke suatu karakter, kata, paragraf, kolom atau objek
Untuk memindah
Tekan
Satu karakter ke kiri
Panah Kiri
Satu karakter ke kanan
Panah Kanan
Satu kata ke kiri
CTRL + Panah kiri
Satu kata ke kanan
CTRL + Panah kanan
Satu paragraf ke atas
CTRL + Panah atas
Satu paragraf Ke bawah
CTRL + Panah bawah
Ke frame atau objek sebelumnya
CTRL + Panah atas
Satu kolom ke kiri (dalam tabel)
CTRL + Panah atas
Satu kolom ke kanan (dalam tabel )
CTRL + Panah bawah
Ke atas satu baris
Panah atas
Ke bawah satu baris
Panah bawah
Ke akhir baris
END
Ke awal baris
HOME
Ke atas satu layar
PAGE UP
Ke bawah satu layar
PAGE DOWN
Ke akhir tampilan layar
CTRL + PAGE DOWN
Ke awal tampilan layar
CTRL + PAGE UP
Ke akhir dokument
CTRL + END
Ke awal document
CTRL + HOME

Menghapus teks dan membatalkan penghapusan teks pada naskah
Untuk
Tekan
Menghapus satu karakter di bebelah kiri insetion point
BACKSPACE
Menghapus satu kata di sebelah kiri insertion point
CTRL + BACKSPACE
Menghapus satu karakter disebelah kanan insertion point
DELETE
Manghapus satu kata di sebelah kanan insertion point
CTRL + DEL
Memotong (menghapus) teks yang dipilih
CTRL + X
Membatalkan perubahan yang terakhir
CTRL + Z

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India