Rabu, 31 Agustus 2011

Cara Membuat Mail Merge Word 2003 Menggunakan Database Access

Langkah pertama Membuat mail merge
1. Tool + Letters and Mailings + Mail Merge Wizard

2. Pada pilihan Select document type pilih Letters

3. klik next : Starting document

4. Pada pilihan Select starting document ada pertanyaan How do you want to set up your letters ? maka kita pilih Use the current document

5. Klik next : Select recipients

6. Pada pilihan Select recipients pilih Type a new list + Create

7. Maka akan muncul kotak dialog New address list + Customize

8. Kita ubah nama record menggunakan tombol Rename
9. maka akan muncul kotak dialog Rename Field kita ubah nama + OK
10. Record yang tidak digunakan kita hapus dengan tombol Delete + yes berulang – ulang
11. Kalau sudah selesai klik OK

Langkah kedua menerapkan mail merge pada document :
1. Pada menu toolbar kita klik icon insert merge fields

2. Maka akan muncul kotak dialog insert merge fields kita pilih fields yang ingin kita pasang klik tombol Insert untuk memasangnya + OK.
3. bila sudah terpasang untuk melihatnya klik icon pada toolbar <<ABC>> 

4. untuk melihat selanjutnya klik next record < >


Langkah ketiga untuk ngeprint maka kita butuh halaman semuanya caranya :
1. Pada toolbar kita klik icon Merge to new document


2. maka akan muncul kotak dialog Merge to new document kita pilih All + OK


3. maka semua halaman akan muncul tinggal ngeprint deh…………

MENGGUNAKAN FORMULA

Untuk menghitung data di bawah ini kita harus menggunakan formula :
Pilih menu Table + Formula + maka akan muncul kotak window formula + tuliskan rumus excel di textbox formula dan pilih number format + kemudian klik OK.





Harga
No.
Barang
Keterangan
Satuan
Jumlah
1
6 Unit
PC/AT “polytron”
3000000
Rp18.000.000,00
2
3 Buah
Printer “polytron”
600000
Rp1.800.000,00
3
6 Buah
Hard Fisk 20 GB
1500000
Rp9.000.000,00
4
3 Buah
Data Swicth
100000
Rp300.000,00
5
5 Buah
Mouse
75000
Rp375.000,00



Sub Total
Rp29.475.000,00



Discont 15%
Rp4.421.250,00



Total
Rp25.053.750,00

MENYISIPKAN DIAGRAM

Pilih menu Insert + Picture + Chart + isikan data anda.

MENAMBAHKAN COMMANDS DI TOOLBAR

Pilih menu Tools + Customize + maka akan muncul kotak window Customize + pilih tab Commands + pilih salah satu commands seret ke toolbar setelah selesai menempatkan commands di toolbar + klik close.

MENAMBAHKAN LEMBAR BARU (BREAK)

Untuk menambahakan lembar kosong baru di bawah lembar kerja yang sudah penuh, berikut adalah carannya :
Pilih menu Insert + Break + Pilih Column Break atau sesuai keinginan anda + OK.

MENAMBAHKAH GAMBAR DI LEMBAR KERJA

Pilih menu Insert + Picture + From File + maka akan muncul kotak window Insert Picture + pilih gambar yang anda sukai + klik insert untuk memasang.

MENENTUKAN FORMAT TEKS MENGGUNAKAN FONT

Pilih menu Format + Font + maka akan muncul kotak window font, atur sesuai keinginan anda + dan klik OK.

MEMASANG TEXT BOUNDARIES

Pilih menu Tools + Options + maka akan muncul kotak window options + pilih tab view + centang kotak cekbox yang bertuliskan text boundaries + setelah itu klik OK.

MENAMBAH TOOL BAR WORD 2003

Ada dua cara untuk menambahkan tool bar yaitu :
  1. Tool + Customize + pilih tab toolbar + centang kotak cekbox sesuai keinginan anda + close.
  2. View + Toolbars + pilih tollbar sesuai keinginan anda.


MENGENAL MICROSOFT WORD 2003

Bagian-bagian dari microsoft word 2003 dapat dilihat pada gambar berikut :
Gambar berikut adalah tampilan dari menu bar :

Jumat, 26 Agustus 2011

Memasang Save Page As PDF di Blog

Apabila anda ingin menambahkan fasilitas save page as pdf di blog anda, kunjungi web2.pdfonline.com lakukan sign up dan isi form yang ada sesuai dengan data anda.
setelah itu silahkan login dengan username yang telah anda buat.

Setelah berhasil login :
setting paper, margin di pdf online bila sudah selesai klik >> Generate the JavaScript. Copy semua code yang ada lalu simpan saja sementara di notepad.

Selanjutnya login di blogspot.
Pasang save as pdf di gadget.
  1. Klik Layout + Elemen Halaman.
  2. Tambahkan gadget
  3. pilih HTML/JavaScript
  4. copykan kode yang tadi disimpan di notepad.
Pasang save as pdf di bawah postingan.
  1. Masuk ke Dashboard , pilih Layout + Edit HTML
  2. Sangat disarankan untuk Download Full Template sebagai backup
  3. Centang Expand Widget Templates
  4. Cari kode : <data:post.body/> ,tekan ctrl+f untuk membantu pencarian
  5. Lalu dipaste kode tadi yang disimpan di notepad tepat dibawahnya.

SELESAI, SEMOGA BERMANFAAT.....

Rabu, 24 Agustus 2011

Microsoft Office Excel 2007


Microsoft Office Excel 2003


Microsoft Office Word 2007


Microsoft Office Word 2003


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India